Selasa, 19 Juni 2012

Dewatering Bangunan Pada Sungai

dewatering air permukaan
Pada kasus dewatering air permukaan kali ini akan digunakan pada Bendung.
Untuk bangunan seperti ini, pelaksanaan tahap pertamanya yang ditetapkan adalah bagian pintu bilas, sekaligus pintu intake, dan tembok tepi. Untuk menghemat waktu, maka proses dewatering diprioritaskan cukup bagian bangunan di atas elevasi muka air saja. Bagian di atasnya dapat dikerjakan setelah pekerjaan yang terganggu oleh air selesai.


Dengan demikian cofferdam yang harus dipasang pada tahap pertama adalah pada bagian ini.

cofferdam untuk dewatering
Cofferdam tahap 1

Setelah pemasangan cofferdam selesai, dilakukanlah pengeringan dengan open pumping, airnya dibuang ke saluran. Untuk mempercepat pelaksanaan pekerjaan, maka pekerjaan yang menjadi prioritas diselesaikan cukup sampai elevasi di atas air permukaan yang ada. Dengan demikian bila bangunan telah dapat
diselesaikan di atas elevasi muka air, maka cofferdam dapat segera dibongkar untuk dipindah ke bagian lain yang memerlukan. Sisa bangunan di atas elevasi muka air permukaan dapat terus dikerjakan penyelesaiannya..

Sisa pekerjaan yang lain dapat dikerjakan seperti tahapan-tahapan sebelumnya, yaitu dikurung dengan cofferdam, menggunakan material cofferdam yang sebelumnya telah dipakai.

cofferdam untuk dewatering
Cofferdam tahap 2

Aliran sungai dipindahkan atau diarahkan pada bangunan yang telah selesai, yaitu melalui bangunan pintu bilas yang masih dalam kondisi terbuka. Oleh karena itu bagian bangunan ini (pintu bilas), ditetapkan menjadi tahapan pertama dalam pelaksanaan. Untuk bangunan bendung yang lebar dan memiliki dua pintu bilas pada kedua sisinya. Tahapan pertama pelaksanaanya sekaligus pada kedua bangunan pintu bilas di kedua sisinya.

Jenis cofferdam ini, jika tanah dasarnya lunak dapat menggunakan steel sheet pile, dan bila tanah dasar keras, dapat menggunakan tanggul tanah. Biasanya pemasangan cofferdam dipilih pada saat debit sungai terkecil.

Dewatering air permukaan

2 komentar: