Senin, 21 Mei 2012

Hal Penting Sebelum Mengajukan IMB

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam proses permohonan IMB.
1. Sebelum anda mengurus IMB sebaiknya melaksanakan konsultasi atau advice planning mengenai kekuatan struktur bangunan, daya dukung tanah, konstruksi bangunan, GSB (Garis Sempadan Bangunan), GSJ (Garis Sempadan Jalan), KDB dan KLB sesuai dengan rencana kota, rancangan arsitektur bangunan, lokasi bangunan (jika di lingkungan khusus seperti dekat dengan bandara, di daerah aliran sungai, daerah banjir, dekat jaringan umum kota), dan peruntukan lahan, konsultasi dapat dilakukan dengan orang yang kompeten di bidang konstruksi atau di bagian perizinan IMB.


2. Bagi bangunan yang dipersyaratkan IPL (Izin Peruntukan Lahan), anda wajib mengurus IPL sebelum mengurus IMB. IPL ini biasanya terkait dengan fungsi lahan yang bukan dimaksudkan sebagai bangunan tempat tinggal atau yang pemanfaatannya diperkirakan akan berdampak besar terhadap lingkungan baik dari segi kualitas lingkungan, atau dari sisi ekonomi maupun yang memiliki RAB (Rencana Anggaran Biaya) tinggi.

3. Bangunan bersih dari sengketa

4. Kevalidan data dan berkas kelengkapan yang diajukan.

5. Anda tidak diperbolehkan membangun sebelum IMB atau IP (Ijin Pendahuluan) diterbitkan.

6. Anda tidak diperbolehkan melakukan kegiatan usaha dalam kawasan yang dimaksudkan sebelum izin gangguan dan izin Teknis diterbitkan.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengajukan IMB
Proses penyelesaian IMB untuk bangunan rumah tinggal setelah semua kelngkapannya terpenuhi kurang lebih membutuhkan waktu 25 hari.(Dan telah diupayakan agar lebih cepat lagi)

download cara menghitung IMB

1 komentar: