Minggu, 16 September 2012

Nilai Slump Pada Beton

nilai slump beton
Nilai slump adalah nilai yang diperoleh dari hasil uji slump dengan cara beton segar diisikan  ke dalam suatu corong baja berupa kerucut terpancung, kemudian bejana ditarik ke atas sehingga beton segar meleleh ke bawah.

Besar penurunan permukaan beton segar diukur, dan disebut nilai 'slump'. Makin besar nilai slump, maka beton segar makin encer dan ini berarti semakin mudah untuk dikerjakan.


Penetapan nilai slump dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut :
  1. Cara pengangkutan adukan beton.
  2. Cara penuangan adukan beton.
  3. Cara pemadatan beton segar.
  4. Jenis struktur yang dibuat.
Cara pengangkutan adukan beton dengan aliran dalam pipa yang dipompa dengan tekanan membutuhkan nilai slump yang besar, adapun pemadatan adukan dengan alat getar (triller) dapat dilakukan dengan nilai slump yang sedikit lebih kecil.

Sebagai petunjuk awal penetapan nilai slump, dapat mengacu pada tabel penetapan nilai slump adukan beton berikut :

Pemakaian Beton (Berdasarkan jenis struktur yang dibuat)Maks (cm)Min (cm)
Dinding, Plat Pondasi dan Pondasi telapak bertulang
12,5
5,0
Pondasi telapak tidak bertulang, Caison, dan struktur di bawah tanah
9,0
2,5
Pelat, Balok, Kolom dan dinding
15,0
7,5
Pengerasan jalan
7,5
5,0
Pembetonan masal (beton massa)
7,5
2,5

5 komentar:

  1. RUMAH JAWA JOGJA menyediakan rumah dijual murah, harga mulai dari 20 jutaan. Bisa dibongkar dan dipasang kembali dengan mudah dan cepat. Melayani pengiriman luar kota.

    BalasHapus
  2. Kami CV RUNDAWA TEKNIK - Bandung memposisikan diri sebagai produsen, suplier dan distributor untuk peralatan LAB SIPIL SIPIL (Testing Equipment For : SOIL, CONCRETE, AGGREGATE, APHALT, CEMENT, MINING & General MACHINE, cakupan Nasional untuk target pasar Regular, kontak support 1x24 jam/hari dalam pelayanan sehingga dapat membantu dan menjawab kebutuhan anda, dengan cara melalui email fendinykz@yahoo.co.id , Mobile Phone: 082221111131, Tlp/Fax : 02282001060 atau chat via WA : 082221111131 . website www.labtekniksipil.com

    BalasHapus
  3. Artikelnya lengkap mas wahyu..terima kasih sudah sharing informasi disini.

    Buat yang sedang cari jasa renovasi rumah murah dan berencana akan membuat pondasi dalam pasti butuh jasa bore pile atau jasa strauss pile menggunakan beton dengan harga jayamix atau harga beton jayamix yang murah segera hubungi 0812-1180-291 (Momo)

    BalasHapus
  4. Layanan Bangun dan Renovasi Rumah All-in-One
    Limasanjati.id menawarkan solusi bangun dan renovasi rumah Joglo dan rumah Limasan All-in-One yang hemat waktu dan biaya. 

    Tim profesional kami akan menangani semua proses dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan, pembuatan desain, pengadaan material, pembangunan, hingga penyelesaian dan terima kunci. 

    Dengan layanan ini, Anda hanya perlu berurusan dengan satu pihak untuk semua kebutuhan bangun dan renovasi rumah Anda, sehingga alur proyek lebih optimal, efisien, tepat waktu, terhindar dari miskomunikasi dan kerumitan yang menghambat pengerjaan.

    BalasHapus