Jumat, 08 Juni 2012

Tips Mengatasi Masalah Dinding Rumah

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam memelihara / merawat rumah.

Tips Mengatasi Bekas Bobokan di Dinding

Bila anda akan melakukan pekerjaan yang bisa membuat dinding tembok anda menjadi rusak, misalnya pekerjaan instalasi listrik atau anda ingin memasang AC pada ruang kerja anda yang mengharuskan anda untuk membobok dinding / tembok anda. Tentu sayang bila perbaikan tembok bekas bobokan menimbulkan cacat/bekas yang masih nampak yang mengganggu pemandangan di ruang anda. Untuk mengatasi hal tersebut terjadi, anda bisa melakukan tips berikut:
  1. Pertama-tama tutuplah dinding yang dibobok dengan acian
  2. Setelah mengering, acian diamplas hingga halus dan rata
  3. Kemudian dicat menggunakan cat besi atau cat kayu warna putih
  4. Setelah kering, cat dengan cat tembok dengan warna cat yang sama sebanyak 2-3 kali.
Maka bekas bobokan di dinding/ tembok anda akan hilang.


Mengatasi Dinding Kamar Mandi Lembap

Bila anda menemukan dinding luar kamar mandi anda selalu lembab, maka dapat dipastikan air tersebut berasal dari dalam kamar mandi anda. Hal ini bisa terjadi jika kualitas adukan atau spesi penyusun dinding kamar mandi anda jelek. Untuk mengatasinya anda bisa melapisi dinding kamar mandi anda dengan bahan kedap air. Lapisan spesi yang kedap air merupakan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 (1 bagian semen dicampur dengan 2 bagian pasir). Lapisi dinding kamar mandi anda dengan bahan kedap air, misalnya keramik sampai ketinggian minimal 1,6 m.

Tips Membersihkan Dinding Dapur

Bagi anda yang hobi masak-memasak pasti sering berada di dapur, dan berlama-lama di dapur. Jika dinding dapur anda kotor pasti sangat mengganggu anda dalam menikmati aktifitas masak-memasak. berikut sedikit cara yang bisa membantu anda dalam menjaga dinding dapur anda tetap bersih dan nyaman dilihat. Bila dinding dapur anda memakai dinding keramik dan berada di belakang peralatan masak sering terkena noda masakan dan minyak goreng sehingga kadang sulit dibersihkan. Untuk membuat menjadi bersih kembali, oles dinding keramik tersebut dengan sabun cuci piring. Kemudian dilap dengan kain lap biasa.
Selamat mencoba!

Tips Membersihkan Dinding

Selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata tepung maizena (tepung jagung) masih menyimpan manfaat lain, salah satunya sebagai bahan campuran pembersih dinding, yaitu :
  1. Pertama-tama, campurkan 60 g tepung maizena, 125ml cuka, dan 4 liter air.
  2. Dengan bantuan spons, bersihkan dinding atau wallpaper menggunakan campuran bahan-bahan di atas. 
  3. Setelah dinding terbebas dari noda, bilas sisa larutan dengan kain basah yang lembut.
 Kini, dinding pun tampak bersih kembali.

Tips Membersihkan Dinding

Jika anak-anak anda gemar menggambar memang tidak merugikan. Namun, lain ceritanya jika dinding atau tembok rumah menjadi kanvas mereka.
Untuk menghilangkan noda krayon pada tembok atau dinding, caranya :
  1. semprotkan cairan penetran yang banyak dijual di pasaran (WD 40, Philip, atau lainnya) ke selembar kain bersih. 
  2. Setelah itu, bersihkan noda krayon dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi cairan penetran tersebut. 
  3. Untuk membersihkan sisa cairan penetran, bilas tembok dengan menggunakan kain basah hingga bersih.
Selamat mencoba!

Tips Memaku Dinding

Memaku dinding untuk meletakkan lukisan, pigura, atau jam dinding biasanya akan membuat dinding menjadi retak. Apalagi jika dinding terbuat dari batako. Ada cara yang lebih efektif untuk melakukannya agar dinding tetap mulus. Caranya, ambil selotip dan tempelkan ke dinding, kemudian paku dipakukan ke dinding di atas selotip tadi. Dijamin dinding tidak akan retak karena selotip berfungsi sebagai penahan gelombang getaran.




2 komentar: