Kamis, 14 Juni 2012

Pondasi Tiang Pancang

pondasi tiang pancang
Pondasi tiang pancang adalah suatu konstruksi pondasi yang mampu menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan menyerap lenturan. Pondasi tiang pancang dibuat menjadi satu kesatuan yang monolit dengan menyatukan pangkal tiang pancang yang terdapat di bawah konstruksi dengan tumpuan pondasi.

Pelaksanaan pekerjaan pemancangan menggunakan diesel hammer. Sistem kerja diesel Hammer adalah dengan pemukulan sehingga dapat menimbulkan suara keras dan getaran pada daerah sekitar. Itulah sebabnya cara pemancangan pondasi ini menjadi permasalahan tersendiri pada lingkungan sekitar.

Permasalahan lain adalah cara membawa diesel hammer kelokasi pemancangan harus menggunakan truk tronton yang memiliki crane. Crane berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan. Namun saat ini sudah ada alat pancang yang menggunakan system hidraulik hammer dengan berat 3 – 7 ton.

Pekerjaan pemukulan tiang pancang dihentikan dan dianggap telah mencapai tanah keras jika pada 10 kali pukulan terakhir, tiang pancang masuk ke tanah tidak lebih dari 2 cm.

Berikut ini cara sederhana untuk menghitung kebutuhan pondasi tiang pancang dan penampang tiang pancang yang akan digunakan :

Misalnya didapat brosure produk tiang pancang segitiga ukuran 25/25. Jika daya dukung setiap tiangnya mencapai 2 ton maka berapakah jumlah tiang dalam setiap kolomnya?

Adapun tahap perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Denah bangunan dibagi-bagi di antara kolom-kolom untuk mengetahui berat yang harus dipikul setiap  pondasi. Dapat juga semua luas denah bangunan dijumlahkan kemudian dibagi ke dalam beberapa titik pondasi dalam setiap kolomnya. Cara kedua ini memiliki kelemahan karena beban di pinggir kolom tentu saja berbeda dengan beban di tengah.
  • Selanjutnya total volume beton dikalikan dengan berat jenis beton, volume lantai dikalikan berat jenis lantai, demikian seterusnya untuk tembok, kayu, genteng, dan sebagainya. Hasilnya dijumlahkan sehingga diperoleh berat = X ton.
  • Selain itu juga dihitung jumlah beban hidup untuk jenis bangunan tersebut. Misalnya beban rumah tinggal 200 Kg/m2. Sehingga diperoleh 200 kg dikalikan dengan seluruh luas lantai, misalnya Y ton.
  • Jumlah semua beban tersebut yaitu : X ton +  Y ton. Misalnya, hasil penjumlahannya 48 ton. Dengan demikian kebutuhan tiang pancang adalah 48 ton : 25 ton atau sekitar dua buah tiang pancang pada satu titik kolom. Jadi jumlah tiang pancang untuk bangunan tersebut adalah hasil perkalian antara jumlah kolom dengan dua titik pancang.
  • Hasil tersebut hanya untuk sebuah tiang pancang yang ukurannya 6 meter setiap batangnya. Bila kedalaman tanah keras adalah 9 meter, maka diperlukan dua buah tiang pancang per titiknya.
  • Hitungan sederhana tersebut mengabaikan daya dukung tanah hasil laboratorium dan daya lekat tanah si sepanjang  tiang pancang. Bila hal tersebut dihitung, jumlah tiang pancang tentu akan berkurang. Bahkan cara perhitungannya tidak sesederhana hitungan di atas.

1. Ukuran Tiang Pancang

Berbagai ukuran tiang pancang yang ada pada intinya dapat dibagi dua, yaitu :  
MINIPILE dan MAXIPILE.

a. Minipile (Ukuran Kecil)

Tiang pancang berukuran kecil ini digunakan untuk bangunan-bangunan bertingkat rendah dan tanah relative baik. Ukuran dan kekuatan yang ditawarkan adalah:
  • Berbentuk penampang segitiga dengan ukuran 28 dan 32.
  • Berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 20x20 dan 25x25.
- Tiang pancang berbentuk penampang segitiga berukuran 28 mampu menopang beban 25 – 30 ton
- Tiang pancang berbentuk penampang segitiga berukuran 32 mampu menopang beban 35 – 40 ton.
- Tiang pancang berbentuk bujur sangkar berukuran 20x20 mampu menopang tekanan  30 – 35 ton
- Tiang pancang berbentuk bujur sangkar berukuran 25 x 25 mampu menopang tekanan 40 – 50 ton.

b. Maxipile (Ukuran Besar)

Tiang pancang ini berbentuk bulat (spun pile) atau kotak (square pile). Tiang pancang ini digunkan untuk menopang beban yang besar pada bangunan bertingkat tinggi. Bahkan untuk ukuran 50x50 dapat menopang beban sampai 500 ton.

2. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan :
-    Karena dibuat dengan system pabrikasi, maka mutu beton terjamin.
-    Bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras.
-    Daya dukung tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga lekatan pada sekeliling tiang.
-    Pada penggunaan tiang kelompok atau grup (satu beban tiang ditahan oleh dua atau lebih tiang), daya dukungnya sangat kuat.
-    Harga relative murah bila dibanding pondasi sumuran.
Kekurangan :
-    Untuk daerah proyek yang masuk gang kecil, sulit dikerjakan karena factor angkutan.
-    Sistem ini baru ada di daerah kota dan sekitarnya.
-    Untuk daerah dan penggunaan volumenya sedikit, harganya jauh lebih mahal.
-    Proses pemancangan menimbulkan getaran dan kebisingan.

3. Keuntungan dan Kerugian menurut teknik pemasangan

a. Pondasi tiang pancang pabrikan.

Keuntungan:
  • Karena tiang dibuat di pabrik dan pemeriksaan kwalitas sangat ketat, hasilnya lebih dapat diandalkan.
  • Pelaksanaan pemancangan relative cepat, terutama untuk tiang baja. Walaupun lapisan antara cukup keras, lapisan tersebut masih dapat ditembus sehingga pemancangan ke lapisan tanah keras masih dapat dilakukan.
  • Persediaannya culup banyak di pabrik sehingga mudah diperoleh, kecuali jika diperlukan tiang dengan ukuran khusus.
  • Untuk pekerjaan pemancangan yang kecil, biayanya tetap rendah.
  • Daya dukungnya dapat diperkirakan berdasar rumus tiang pancang sehingga pekerjaankonstruksinya mudah diawasi.
  • Cara pemukulan sangat cocok untuk mempertahankan daya dukung beban vertical.
Kerugian :
  • Karena pekerjaan pemasangannya menimbulkan getaran dan kegaduhan maka pada daerah yang berpenduduk padat akan menimbulkan masalah di sekitarnya.
  • Untuk tiang yang panjang, diperlukan persiapan penyambungan dengan menggunakan pengelasan (untuk tiang pancang beton yang bagian atas atau bawahnya berkepala baja). Bila pekerjaan penyambungan tidak baik, akibatnya sangat merugikan.
  • Bila pekerjaan pemancangan tidak dilaksanakan dengan baik, kepala tiang cepat hancur. Sebaiknya pada saat dipukul dengan palu besi, kepala tiang dilapisi denga kayu.
  • Bila pemancangan tidak dapat dihentikan pada kedalaman yang telah ditentukan, diperlukan perbaikan khusus.
  • Karena tempat penampungan di lapangan dalam banyak hal mutlak diperlukan maka harus disediakan  tempat yang cukup luas.
  • Tiang-tiang beton berdiameter besar sangat berat, sehingga sulit diangkut atau dipasang. Karena itu diperlukan mesinpemancang yang besar.
  • Untuk tiang-tiang pipa baja, diperlukan tiang yang tahan korosi.

b. Pondasi Tiang yang Dicor di Tempat

Keuntungan:
  • Karena pada saat melaksanakan pekerjaan hanya terjadi getaran dan keriuhan yang sangat kecil maka pondasi ini cocok untuk pekerjaan pada daerah yang padat penduduknya.
  • Karena tanpa sambungan, dapat dibuat tiang yang lurus dengan diameter besar dan lebih panjang.
  • Diameter tiang ini biasanya lebih besar daripada tiang pracetak atau pabrikan.
  • Daya dukung sstiap tiang lebih besar sehingga beton tumpuan (Pile cap) dapat dibuat lebih kecil.
  • Selain cara pemboran di dalam arah berlawanan dengan putaran jam, tanah galian dapat diamati secara langsung dan sifat-sifat tanah pada lapisan antara atau pada tanah pendukung pondasi dapat langsung diketahui.
  • Pengaruh jelek terhadap bangunan di dekatnya cukup kecil.
Kerugian :
  • Dalam banyak hal, beton dari tubuh tiang diletakkan di bawah air dn kualitas tiang yang sudah selesai lebih rendah dari tiang-tiang pracetak atau pabrikan. Disamping itu, pemeriksaan kualitas hanya dapat dilakukan secara tidak langsung.
  • Ketika beton dituangkan, dikawatirkan adukan beton akan bercampur dengan reruntuhan tanah. Oleh karena itu, beton harus segera dituangkan dengan seksama setelah penggalian tanah dilakukan.
  • Walaupun penetrasi sampai ke tanah pendukung pondasi dianggap telah terpenuhi, terkadang tiang pendukung kurang sempurna karena ada lumpur yang tertimbun di dasar.
  • Karena diameter tiang cukup besar dan memerlukan banyak beton, maka untuk pekerjaan yang kecil dapat mengakibatkan biaya tinggi.
  • Karena pada cara pemasangan tiang yang diputar berlawanan arah jarum jam menggunakan air maka lapangan akan menjadi kotor. Untuk setiap cara perlu dipikirkan cara menangani tanah yang telah dibor atau digali.

Jenis-jenis pondasi



42 komentar:

  1. sebelumnya perkenalkan, saya Nobel.
    saya sedang merencanakan gedung 2-3 lantai dengan berat 1 poin (titik) sekitar 50 ton. kedalaman tanah keras -9 meter. tetapi saya menggunakan tiang pancang mini pile uk 25x25cm sampai kedalaman 5-6 meter saja dengan memanfaatkan daya lekatan (friksi) dan daya dukung end bearing. secara hitungan (aman). tetapi apakah tidak masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nobel,
      Secara Perhitungan Mungkin dengan Kedalam segitu sudah Masuk Kategori aman. tapi yang tidak Kalah pentingnya Juga Harus diPerhitungkan Pergerakan yang akan terjadi pada Gaya Vertikal dari bagunan tersebut yang sewaktu-waktu dapat Penyebabkan Settlement yang tak Seimbang akibat dari Tiang yang belum mencapai kedalaman Maksimal Tanah Keras,atau bahkan Mungkin kondisi Tanah yang Sewaktu-waktu dapat Beruba sifat-sifatnya ***
      Semoga Bermanfaat

      Hapus
    2. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

      Hapus
    3. Ok Bos. Bagi temen temen yg membutuhkan pek bore pile, team kami siap kerjakan. Hub telp 081285900700

      Hapus
  2. shering info.... coreksi jika salah...
    Pada saat pemancangan kita juga dapat melakukan tes daya dukung tiang pancang, hasil tes tanah tidak bisa dianalisa 100% benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

      Hapus
  3. Makasih banyak yah Mas Wahyu dan yang lainnya baik postingan maupun komentarnya sangat membantu untuk nambah pengetahuan teknik sipil saya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

      Hapus
  4. Semakin hari semakin banyak saja Teknologi yang bisa diciptakan dalam menyelesaikan Permasalahan Konstruksi saat ini. Teknologi apalagi yah di tahun2 berikutnya..?

    BalasHapus
  5. Salam kenal pak wahyu,
    Disini sy menawarkan jasa strauss pile dengan tenaga berpengalaman dan harga relatif murah.
    Adapun diameter yang kami kerjakan adalah 20cm,25cm,30cm dan 40cm dengan kedalaman maksimal 10meter

    Hubungi supriyadi 081210458104
    Tks

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas semua pencerahannya semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya teman - teman yang bermain dipondasi, Wasalam

    BalasHapus
  7. info yg bgs. skrg sebagian besar pondasi bangunan tinggi di daerah jkt memakai boredpile, karena sudah dikelilingin bangunan tinggi.

    BalasHapus
  8. Trims Pak utk wawasannya! Kebetulan sy brgerak di bidang pabrikasi Tiang Lampu PJU, Tiang HighMast & Monopole Tower! Blog sy dialamat:, http://helorigrahasarana.blogspot.com

    BalasHapus
  9. mau tanya, dalam satu pilecap apakah bisa ada kombinasi spun pile dan square pile ? jika bisa, bagaimana requirement utamanya, apa point2 penting yang perlu di evaluasi, dan bagaimana pola arrangementnya? bagaimana pula kombinasi jarak antar pile di arrangement kombinasi ini? Terima kasih.

    BalasHapus
  10. @belajar ngedesain
    bisa, tapi ada lebih baiknya seragam utk meepermudah fabrikasi, dan pelaksanaan dilapangan.

    BalasHapus
  11. Tolong bantu solusinya pak anonim.
    saya sedang merencanakan pondasi utk bangunan kosan kosan tiga lantai, perlantainya terdiri dari sepuluh kamar. permasalahannya tanah harus di urug setinggi 1meter. yg ingin saya tanyakan adl jenis pondasi tiang pancang apa yg cocok utk kondisi tersebut dan berapa meter kedalamannya?
    Terima Kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau kos2an akan dibangun dimana? Menurut saya perlu diperhatikan kondisi tanah (dari soil test) untuk menentukan kedalaman tiang pancang. Selain itu perlu dilihat juga lahan yang ada, apakah memungkinkan bila menggunakan tiang pancang. Hal ini terkait mobilisasi pancang dan alat. Urugan tanah tidak mempengaruhi pondasi bila kita menggunakan pondasi dalam, kecuali akan menggunakan pondasi dangkal. Semoga dapat membantu. :)

      Rully Pramono P.

      Hapus
    2. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

      Hapus
  12. tiang pancang baja terbuat dari bahan apa saja yah? lalu cara membuatnya bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
  13. Mau nanya apakah tiang pancang bisa bekerja tunggal atau jumlah paling minim kira" berapa ya untuk bangunan rumah pribadi 2 lantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

      Hapus
  14. Dear, All Customer
    Bagi rekan2 & teman2 yang sedang merencanakan untuk pekerjaan pondasi dan pemancangan, bersama ini kami mengenalkan PT. HUME SAKTI INDONESIA sebagai salah satu perusahaan produsen tiang pancang Bulat (Spun Pile) dan Kotak ( Mini Pile ) sekaligus kami menyediakan Jasa Pemancangannya.
    Kami berdiri sejak tahun 1978, lokasi pabri kami berada di Cakung, Jakarta Timur dan Mojosari, Surabaya. Selain tiang pancang, kami juga memproduksi tiang beton listrik ( Standard PLN ) dan Tiang Beton Listrik Aliran Atas (LAA) untuk Konstruksi Jalan Rel.
    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami, di 08129285264/087773168173/76809DA4 dan di telp. (021) 629.5678, 629.6008, 639.9508, fax (021) 639.9517 dan e-mail : achmad_mulyana@yahoo.com / hsjkt2@dnet.net.id serta web. : www.hsisby.com

    BalasHapus
  15. Skripsi saya kebetulan tentang tiang pancang pada tanah lunak,..
    Thanks ya artikelnya menarik

    BalasHapus
  16. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

    BalasHapus
  17. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

    BalasHapus
  18. bagi teman teman yang membutuhkan jasa pemancangan , silahkan hubungi saya di no 085274736467 Arland, kami melayani anda, kapanpun dimanapun anda berada.

    BalasHapus
  19. Dengan hormat

    Kami CV Ecsa Jaya Tehnik Pondasi , siap menerima jasa pancang untuk

    menjalin kerja sama dengan baik

    dan dapat berkesinambungan di masa yang akan datang.


    Best Regard

    Marsoni
    CV. Ecsa Jaya Tehnik Pondasi
    HP : 081 330 682 496
    WA : 0881 430 8351
    PIN : 5c886382

    BalasHapus
  20. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  21. Maaf gan, apakah bisa di bahas mutu beton untuk tiang pancang itu. Setau saya untuk mutu beton minipile itu harus tinggi karna menghindari crack atau hancur pada saat pemancangan. Terima kasih

    BalasHapus
  22. Maaf gan, apakah bisa di bahas mutu beton untuk tiang pancang itu. Setau saya untuk mutu beton minipile itu harus tinggi karna menghindari crack atau hancur pada saat pemancangan. Terima kasih

    BalasHapus
  23. mau nanya dong...kalo pondasi mini pilenya ga ada bobokan gmana yaa?

    BalasHapus
  24. untuk daerah yang memiliki struktur tanahnya lebih banyak bebatuan semacam batu kapur atau cadas...dengan membangun gedung diatas 5 lantai lebih cocok pakai pondasi model apa? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai tiang pancang dibeberapa titik pak.
      kunjungi website kami
      http://mandirijayabeton.co.id/produk/detail/5

      Hapus
  25. ketika pemancangan, terjadi penggembungan atau kenaikan muka tanah, solusinya dilapangan sperti apa? trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarak Tiang Pancang dibuat minimal 3 x diameter tiang.

      Hapus
  26. Pondasi tiang pancang. Kini banyak diproduksi secara precast.

    ILMUBETON.COM-MEMBAHAS SEMUA TENTANG BETON

    BalasHapus
  27. thanks for sharing.
    perumahan citra maja yang paling bagus dan nyaman ada di lebak banten, citra maja raya .

    BalasHapus
  28. artikel nya bagus
    kalau ada yang mau berkunjung silahkan ke www.apalagi23.com

    BalasHapus
  29. Gimna cara mengitung kedalaman pemancangan gan

    BalasHapus
  30. 😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini:

    Jual Kaos Dakwah
    Testimoni di >>>Instagram<<<:
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    BalasHapus